Minggu, 29 November 2009

INSTALASI MMC

Sesuai dengan namanya Multi Media Card, (MMC) kartu ini berfungsi untuk menyimpan data-data multimedia hp yg bersifat external (tidak jadi satu dengan mesin hp/tambahan).Untuk menggunakan kartu ini di hp maka anda harus memformatnya terlebih lewat hp. Proses ini dilakukan untuk membuat folder system hp sehingga data-data multimedia dapat masuk difolder yang benar disamping untuk make sure bahwa mmc anda free of virus

Aplikasi tidak akan bisa diinstal sebelum anda memformatnya (symbian), dan proses ini berfungsi untuk menghindari “system error” pada hp saat aplikasi di jalankan, Lalu bagaimana menginstal aplikasi yang benar itu ? karena katanya ada dengan cara di copypaste aja bisa.

Langkah- langkah memasang aplikasi dengan menggunakan mmc baru (nokia 6600…dan sejenisnya)

 Pertama, seblum membeli tentukanlah ukuran mmc yg akan hendak anda pergunakan (64kb, 128kb, 256kb, 1G, 2G). dengan memperhatikan kemampuan akses hp anda,artinya jangan memaksakan menggunakan yg paling besar misalnya 6600 memakai 512kb. Kenapa hal ini harus disesuaikan dengan kemapuan hp anda? Hal ini untuk menghindari hp anda rusak lebih dini karena harus terbebani membaca mmc yg begitu besar (untuk 6600,7610,3230…dll maxsimal saya sarankan 128kb, cukup).kerusakan yg ditimbulkan biasanya “blink”, cuma uncul tulisan nokia aja, keduanya “system error”, ketiga mudah kena virus, keempat “hp jadi super anggodo (= hehehe makasudnya “lemotz” saat kita masuk menu multi media.

 Masukan mmc kedalam slot mmc yg terdapat pada hp, setelah itu masuk menu pada hp dan pilihlah icon bergambar mmc kemudian buka dan pilih “format mmc”, tunggu sampai proses tersebut selesai, dan beri nama mmc anda atau kode keamanan jika mmc anda bersifat privacy.

 Setelah anda melakukan proses diatas tanpa anda sadari maka jika di properties nilai mmc anda akan berkurang beberapa kb, (jangan cemas dulu) nilai yg berkurang itu dmaksudkan untuk membuat folder-folder system pada hp. Untuk melihatnya silahkan anda copot mmc dari hp dan masukan kedalam card reader , disana terlihat terdapat beberapa folder seperti folder image, sound, video, system dll. ( setelah diformat setiap hp ada yg menghasilkan folder sama dan berbeda)

 Masukanlah data- data yg sesuai dengan nama foldernya, misalnya image berisi tentang gambar-gambar multimedia baik yg bersifat pribadi,downloadtan atau animasi (ext. jpg,jpeg,gif,bmp). Folder sound sesuai dengan namanya folder ini berisi data-data yang sifatnya berhubungan dengan suara ( dalam folder inipun masih dibagi 2 bagian lagi)yaitu digital dan other (digital dipergunakan untuk format suara wav), other (untuk format suara amr). Lalu dimanakah folder untuk format suara mp3 ?? untuk format ini silahkan anda membuat folder baru dari komputer anda dan namai folder tersebut dengan nama mp3

 Folder video, dipergunakan untuk menyimpan data yg bersifat audio visual, misalnya video liburan keluarga, ulang taun teman dan video hot boleh dong nyimpen ini ya gak (maksudnya video hot adalah video nenek-nenk lagi ngorreng kerupuk dirumahnya pada waktu siang hari di bawah atap seng ! jangan parno dulu donk )

 Sekarang carilah folder Apps, jika sudah ketemu folder itu dipergunakan untuk memasukan data aplikasi yang masih berekstension .sis (baca=dot sis). Misalnya mp3player.sis, dan seterusnya. ( masukaanlah semua aplikasi yang anda sukai/ akan instal di dalam hp di folder Apps) jika sudah semua lepas mmc dari card reader gunakan eject jangan langsung di cabut mentang-mentang dah keluarmai cabut aja

 Dalam menginstal ada dua cara, setelah anda cabut dan memasukan kembali mmc kelubangnya yg dalam (slot mmc di hp), Pertama dengan manual dan kedua dengan cara bluetooth dan aplikasi ini biasanya fileexplore.sis atau lebih dikenal dengan seleq Q. karena fungsinya sama

Dengan BT, setelah anda masukan kembali mmc kedalam slot mmc di hp hidupkanlah BT di hp anda dan komputer anda, lakukan synkronisasi antara komputer dan hp hingga nama BT hp anda terdetek di komputer, setelah itu pilih menu data transfer di panel BT komputer anda.Jika sudah click koneksikan setelah anda klik maka hp akan meminta persetujuan, apakah diijinkan untuk menerima data dari komputer dengan nama A? pilih “ya”, setelah itu hp akan meminta kode koneksi, ketik asal aja misalnya saya memilih angka 1, tekan ok. Begitu anda selesai menekan angka 1 dan oke maka pesan yg sama juga akan muncul dikomputer anda, dan komputer anda akan meminta kode juga, maka masukanlah dengan kode yg sama ( misal di hp anda ketik angka 1 maka pada komputer juga harus 1 kalau angka yang lain akan ditolak hp) ( not match/tidak sinkron) ( kaya lagu aja yah, “… Aku ini bukan anak sinkron eh singkong )

Kemudian ambil aplikasi yang hendak dimasukan, misalnya aplikasi Seleq Q, degan cara mengcopy dari komputer dan memasukan di mmc (gk usah dimasukan dalam folder), stealh itu BT komputer akan mentransfer data seleq q tadi ke hp anda, dan akhirnya bunyi titit..titit ada sms masuk, buka sms itu dan instal aplikasinya, jika ditawarkan mau disimpan dimana hasil instalan ini pilih “mmc” ( never ever di mmc ) setelah rampung hapus sms yg masuk di inbox hp anda selesai ! untuk yg lainya bisa diinstal melalui sele q/file manager, untuk penyimpanan semua di mmc kecuali aplikasi menginstal sendiri di hp tidak apa-apa ( biasanya yg seperti ini aplikasi antivirus)

Secara manual, untuk manual sebelum anda mengclick eject mmc anda dari komputer, copy paste aplikasi selec-Q atau filemanager.sis tadi kedalam mmc anda (jangan di dalam folder apapun), kemudian cabut dan memasukan kembali mmc kelubangnya yg dalam (slot mmc di hp), masuk ke gallery alihkan pilihan ke galery mmc kemudian cari apakah ada folder Seleq-Q/filemanager ( biasanya terletak di folder paling bawah setelah folder video, jika ketemu instal langsung, jangan lupa simpan di mmc dan hapus data aplikasi yang ada di galerry tadi, selesai dan jika pada galery mmc tidak diketemukan aplikasi anda maka anda harus mencari filemgr pada panel menu hp anda, setelah ketemu barulah anda instal kedalam mmc selesai lagi

 Mencegah “sytem error” pada mmc, hal ini biasanya terjadi karena penyalahgunaan BT, sebelumnya saya akan bahas fungsi BT, selain dipergunakan untuk koneksi internet, BT dipergunakan untuk menerima data gambar (yg datanya kecil), film, suara, mp3, dan hasilnya disimpan dalam mmc diluar semua folder yg tadi kita format/( yg tadi saya terangkan diatas) dan bersifat sementara ( pada hp lama anda harus memasukan ke dalam folder yg sesuai dengan datanya jika ingin permanen tersimpan), (sedangkan hp baru sudah dilengkapi fitur ini jadi gk perlu memindah secara manual/melepas mmc).

Di Indonesia, kebanyakan BT dipergunakan untuk menerima segala macam file dari yg mulai foto, film, dan mp3 dari teman dan selagi gratiss digeber coy kirim terusss !! serta permanent disimpan diluar folder (out of folder),sehingga menyebabkan lalu lintas keluar masuk data yang lain terganggu mengingat, data-data yg mereka dapat tidak dimasukan kedalam folder sebagaimana yg saya maksud akhirnya keluar dech mak erot “ system error”, semua aplikasi tidak bisa dibuka dan akhirnya ke bengkel hp neh….

Jadi BT itu gunanya untuk mengirim data, menerima data dan menyimpan data yang bersifat sementara (karena mmc setelah diformat tidak ada folder BT) jadi secara software file ini akan tersimpan diluar folder, yang jika nilainya membengkak maka akan menyebabkan terganggunya keluar masuk lalulintas data yg lain sehingga menyebabkan “system error”.

 Penyebab lain adalah, terinstalnya aplikasi yang telah disusupi atau sengaja dimasukan data virus oleh pembuatnya,biasanya aplikasi gratisan seperti tema, game yg di download, kemudian di iinstal ke komputer dan terakhi karena gak mau ketahua hpnya tua, memasksakan aplikasi yg tidak diperuntukan untuk hp yang bersangkutan, akhirnya bonyok tuh hp (babak belur dan akhirnya harus masuk ruang servis.

Oke segini dulu nih artikelnya, semoga dapat bermanfaat baik secara individual atau teraplikasi secara massal hingga kita tau, dan awet hpnya.

Best regard Nikimura Cellular Klaten
Good Luck!

0 komentar:

Posting Komentar

 

nikimuracell Nikimura© 2009 Blog Gue Designed by Nikimura Sponsored by Blog Gue